Minggu, 31 Januari 2010

apa itu yang dinamakan cinta?

seorang gadis menangis di hadapan sahabatnya. sang sahabat bertanya pada si gadis, "kenapa kamu menangis?" si gadis menjawab, "pacarku mutusin aku!!" si sahabat berusaha bijak berkata, "tiap hal ada waktunya. kalo udah waktunya putus ya udah lah.."

tangisan si gadis makin kuat. "tapi aku ga mau putus dari dia." katanya. "kenapa?" tanya temannya lagi. "aku terlalu sayang dia. aku ga mau kehilangan dia dan aku ga bakal mungklin bisa ngelupain dia." jawab si gadis. "ya, kalo kamu siap mencintai, kamu harus siap juga buat patah hati. jangan lupain dia, tapi belajarlah buat ngerelain."

merasa temannya tidak memberikan penguatan si gadis mulai jujur, ia pun berteriak katanya, "bukan itu masalahnya. masalahnya aku udah ngelakuin "itu" sama dia. ga adil dong kalo aku doang yang ngerasain paitnya." si sahabat terkejut. betapa kagetnya ia mendengar ungkapan si gadis. "kamu lakuin itu dengan sadar? kamu udah tau konsekuensi dari semua pilihan kamu itu?" tanya sang sahabat.

"udah. aku ngelakuin itu dengan sadar. tapi semua itu karena cinta." jawab si gadis sambil mengusap air matanya. si sahabat hanya bisa diam dan menyayangkan apa yang diperbuat si gadis.

apakah itu yang dinamakan cinta ketika karenanya kita dibutakan? apakah itu yang dinamakan cinta ketika kita kehilangan apa yang berharga dan tidak dapat dibeli dengan apapun? apakah itu yang dinamakan cinta ketika kata "cinta" hanya menjadi alasan untuk membenarkan tindakan bodoh kita?

sadarlah, bahwa apa yang kita pilih harus kita pertanggung jawabkan. bangunlah dan berhentilah terjebak dari "cinta" yang salah. kita mungkin tertawa atau menyalahkan tokoh gadis dalam cerita di atas, tapi ketahuilah kadang kita juga melakukan kesalahan yang sama.

semoga kisah di atas dapat menjadikan kita lebih bijak dalam melangkah. bukan cinta alasannya ketika kita harus mengorbankan harta yang palng berharga dari diri kita. sebab tiap pilihan kita ada konsekuensinya, bukan saatnya menyalahkan dan melempar tanggung jawab, tapi hadapai secara jantan. maka pilihlah semuanya dengan lebih hati-hati. pikirkan baik buruknya. dan jika hari ini kita telah jauh melangkah, kembalilah ke tempat dimana seharusnya kita berada.

kenapa kamu sok menggurui? sebab dunia ini mulai berubah. dunia ini menuju kehancuran celakanya tindakan kita memperparah semuanya itu. melalaikan nilai-nilai dan bangga atas tindakan bodoh yang kita perbuat, semua itu tidak akan menyelamatkan kita. semoga kita mau merenungkan lagi, apa itu yang dinamakan cinta?

Tidak ada komentar: