Minggu, 24 Januari 2010

Apa yang Kau Cari?

temen saya nulis status di salah satu situs pertemanan kira-kira begini, "apa tujuan hidupmu? uangkah itu? apakah dengan uang hidupmu indah?" dan status ini bikin saya tergelitik buat ngomen disana.

pertama-tama banget saya mau ngasih tau ada 3 hal yang bisa bikin hidup kita kacau kalo kita terlalu ngejar itu. ketiganya adalah harta, tahta, dan cinta. catetan penting, kaum pria lebih rentan terjerat salah satu dari arus itu.

harta..
kalo yang ini sih penjabarannya gampang. segala sesuatu yang berbau materi dikejar dan ditimbun. banyak orang mikir uang bisa beli semuanya dan dengan uang hidup jadi mudah. apa ini tujuan hidupmu?

tahta..
tahta di sini bisa disamain dengan kedudukan. biasanya pas pemilu tahta direbutin, senggol kanan kiri buat dapetin itu. kalo kamu bilang kamu ga bakal masuk kriteria ini, soalnya ga ada niat jadi pejabat, tunggu dulu. lebih jauh lagi, tahta atau kedudukan juga menyangkut title kita. biar keliatan hebat, sekolah terus sampe namanya dipenuhin s kayak kereta, ato di dunia kerja, gimana caranya cepet naek pangkat. orang kadang mikir pangkat, kedudukan, atau title tadi adalah nilai jual, makin tinggi pangkat, makin disegani kita. apakah ini tujuan hidupmu?

cinta..
paling sering orang terjerumus disini. soalnya cinta ga mandang status, kekayaan, dan kedudukan. semua orang bisa kena. mereka yang ngejar cinta ga bakal tenang, soalnya mereka ngerasa ada yang kurang dan selalu aja kurang. ketika orang terlalu ngoyo sama cinta, hati-hati cinta bisa berubah jadi obsesi, akhirnya nafsu. ugh, amit-amit dah. apakah ini tujuan hidupmu?

satu fakta yang harus kita ketahui, bahwa harta, tahta, dan cinta ga bakal bikin hidup kita 100% bahagia, soalnya mereka itu sifatnya sementara dan terbatas ruang dan waktu. parahnya lagi ketika udah mendapat, bukannya tenang mereka malah bikin kita paranoid. takut hartanya ilang kek, tahtanya kurang tinggi kek, cintanya pudar kek, dan kek-kek yang laen. pernah ga liat, ada orang kaya luar biasa tapi hidupnya ga tentrem? ato penggede tapi hidupnya amburadul? soalnya mereka terjerat 'arus' tujuan hidup yang salah. makanya bukan kedamaian, malah ketidak nyamanan yang mereka dapet.

trus??
di salah satu status di akun saya, saya nulis gini, "kalo dunia ini ga adil, kenapa kamu bangga sama hidupmu yang duniawi itu?" di situ saya mau negesin, kita udah tau yang salah, tapi kita tetep ambil itu. celakanya lagi, kita bangga akan itu. jadi, carilah yang tak akan dibatasi apapun. kenali Dia, cari tahu rencana-Nya. itulah tujuan kita di ciptain. GBU

Tidak ada komentar: