Minggu, 24 Januari 2010

Waktu

pernah berpikir kenapa manusia dibatasi waktu? kenapa ia mengencet ruang gerak kita? kenapa ia begitu singkat? kenapa kita tak bisa lepas darinya dan selalu ikut alirannya? dan kenapa ia selalu maju dan enggan kembali?

waktu adalah pembatas yang tidak bisa di tembus dan tidak dapat diputar ulang. waktu terus mwngejar kita, tapi justru karena ada waktu yang mengekang kita, maka kita dapat melakukan terobosan, dapat menemukan, dapat merevisi, dapat menginovasi, lakukan hal hebat di luar nalar kita, bahkan karena ada waktu yang tak dapat kembali maka manusia belajar untuk menghargai, berusaha untuk bangkit, mencoba untuk tidak berbuat salah lagi, dan punya cita-cita besar.

coba bayangkan jika tidak ada waktu yg mengekang kita, tak ada usia yang menghambat kita, tak ada jenjang yang mendesak kita? apa kita akan terpacu untuk lakukan hal besar? apa kita tergerak untuk belajar dari kesalahan? saya rasa tidak, karena kita akan berpikir "toh waktu saya tak terbatas"

jadi, kenapa kita berpikir seandainya waktu dapat diulang atau seandainya saya punya waktu lebih panjang. hey, justru karena waktu kita sedikit, sempit, dan tidak dapat diulang kembali maka belajarlah untuk hargai waktu. berusahalah untuk mengejar impianmu selagi waktumu masih ada.

berpaculah dengan waktu maka akan kau dapati kesenangan yang tidak dapat dibeli dengan apapun. nikmati waktumu karena kau tak tahu kapan akan berhenti ia. belajarlah dari waktu yang sudah lalu untuk waktu yang akan datang. ingat waktu kita di sini singkat.

suatu hari nanti saat merasa waktumu sudah dekat, coba lihat apa yang telah kau capai dimasa lalu dan pastikan kau akan tersenyum gembira karena tak ada waktu yang terbuang olehmu. hargai waktumu maka kau akan dapati bahwa waktu membantumu untuk jadi lebih baik.

jadi, masih berfikir waktu harus diulang atau bahkan dihapuskan? pikirkan lagi..

Tidak ada komentar: