Minggu, 01 Januari 2012

Lepas dan Dapat

seharusnya kita melakukan hal yang lebih besar daripada berkutat pada masa lalu. pernahkah kita merenungkan mengapa terkadang kita masih sering terpaku pada kesempatan yang sudah lewat, pada apa yang telah pergi, atau pada "pintu" yang sudah tertutup? mungkin kita sadar semuanya sia-sia, namun kenapa kita terpaku pada hal itu?

saya tahu akan sangat sulit melepaskan diri dari kebiasaan yang saya sebut dengan "berlama-lama dalam ketidak pastian", tapi saya mau membagikan sesuatu yang mungkin bisa menjadi pembelajaran untuk kita bersama. mulai sekarang belajarlah untuk melepas. benar, lepaslah kenangan buruk, lepaslah "kesempatan" yang sudah tidak mungkin diperjuangkan. satu hal yang kita harus garis-bawahi bahwa melepas bukan melupakan. melepas disini lebih kepada membiarkan apa yang sudah lewat tanpa perlu kita tangisi dan ratapi. bukan berarti tidak boleh kita menangisi sesuatu yang "menyakitkan", namun ada masa dimana kita harus bangkit dan belajar mmerelakan. bila semua dapat kita lalui, percayalah selalu ada hal baru yang akan didapat.

persoalan tebesar adalah ketidak relaan melepas sesuatu (baca : merelakan). bagaimana mengubah rasa "tidak rela" ini? kita harus membuka mata dan sadar, bahwa fokus hanya terpaku pada hal itu saja ketika kita tidak mau melepas, sehingga implikasinya kesempatan baru hilang begitu saja. maka dari itu mulailah untuk belajar melepas dan merelakan sesuatu jika ingin mendapat sesuatu.

mulai sekarang ubahlah cara pandang berlama-lama dalam kesusahan dan belajarlah untuk tidak terfokus pada 'pintu' yang tertutup. sadarilah akan ada lebih banyak pintu terbuka di depan dan yang perlu kita lakukan hanya menanti dengan penuh pengharapan dan keyakinan. belajarlah untuk tidak terpaku pada satu titik dan tinggalkan itu jika tak hasilkan sesuatu. belajarlah untuk terus berjalan ke depan dan akan ada lebih banyak yang kita dapat. mengertilah bahwa melepas akan lebih baik daripada diam di satu titik, sekalipun tidak ada kepastian akan itu.

mudah memang bicara, karena terkadang apa yang sedang di genggam terlalu berharga untuk dilepas dan tidak ada jaminan mendapat yang lebih baik satu saat nanti, tapi mana lebih baik, menunggu tanpa hasil atau dapatkan yang mungkin tak sebaik saat ini, tapi membalas perlakuanmu dengan baik?

akhirnya, sekali lagi saya mau membagikan ini, belajarlah untuk melepas. bukan karena hari esok ada kepastian, tapi karena hari esok pasti lebih baik dan hari esok akan dapati sesuatu yang baru.

lepaslah maka akan kau dapati.

Tidak ada komentar: