Selasa, 10 April 2012

Manusia dan Pilihannya


beberapa hari belakangan saya mulai berpikir, "hey, banyak banget pilihan yang kita ambil dalam hidup!" ya, banyak hal yang harus kita pilih mulai dari pilihan yang sepele sampai pilihan yang riskan. dan akhirnya saya mulai berpikir lagi, apakah opsi yang saya pilih hanya berlalu dengan begitu saja tanpa ada efek pada diri saya? lantas kenapa saya diharuskan memilih kalau tidak ada efek apapun pada apa yang saya pilih?

mungkin sebagian dari kita pernah berpikir, "hari ini gw milih pake baju merah dan ga ada efek apa-apa tuh." atau "biasa aja, gw milih buat tidur malem tapi tetep bangun pagi." intinya apapun pilihan tidak akan berakibat apapun pada hidup. tapi apakah selamanya demikian? saya punya pemikiran yang sedikit berbeda mengenai pilihan. menurut saya, apapun yang kita pilih, sekecil apapun hal yang harus kita tentukan akan berpengaruh pada hidup kita.

tapi kenapa pilihan "kecil" saya seakan ga ada pengaruhnya buat hidup. dengan atau tanpa memilih itu saya biasa aja tuh. ya, mungkin pilihan kecil seperti pake baju apa atau tidur lebih awal atau nggak sekilas ga memberi dampak pada hidup, tapi pernahkah kita coba berpikir seandainya saya menggunakan pakaian B, apakah hasilnya sama dengan pakaian A? seandainya saya menyisir rambut, apakah ada perubahan? (ya, kita ga akan tau jawabannya sampe kita nyoba)

menurut saya (lagi) pasti ada hal yang berbeda ketika kita memilih hal yang berbeda tapi kita sering menyepelekan itu dengan berpikir "ah, toh cuma masalah kecil." atau "ah, ga ada ngaruhnya." hey manusia diberikan tanggung jawab besar ketika ia mau peduli dengan hal-hal sepele. mungkin ini yang harus jadi perenungan kita, kenapa kadang "tanggung jawab" yang bisa kita tanggung diberikan pada orang lain yang menurut kita tidak memiliki kapasitas seperti kita.

ada kemungkinan karena kita cenderung menyepelekan pilihan kecil. padahal orang melihat kita bukan dimulai dari hal muluk-muluk yang bisa kita lakukan, tapi dimulai dari bagaimana kita peduli pada detail, pada apa yang kebanyakan orang anggap sepele. kita harus bealajar untuk memulai untuk bijak dari pilihan kecil sebelum menawarkan diri atas pilihan besar. hey, bagaimana orang mau mempercayakan hal besar kalau untuk hal kecil saja kita tidak mau berusaha lebih bijak.

dan inti dari pembicaraan yang panjang lebar ini adalah cobalah untuk memilih dengan lebih bijaksana, sebab tiap pilihan kita menentukan siapa kita di masa depan. berpikirlah 10x lebih banyak sebelum memutuskan ssuatu (tentu aja kalo pilihannya cuma pake baju merah ato biru ga usah sampe 3 jam). pilihlah dengan hati-hati. siapa tahu pilihan "berbeda" yang kita lakukan hari ini mengantar kita pada "hal baik".

Tidak ada komentar: